Selasa, 18 Oktober 2011

MAKALAH MULTIMEDIA GAME MATEMATIKA UNTUK PEMBELAJARAN MURID SD

Abstrak

Perkembangan Teknologi Informasi seperti sekarang ini, komputer tidak hanya digunakan sebagai jaringan komunikasi yang banyak dibutuhkan, akan tetapi bisa dimanfaatkan dalam berbagai bidang, antara lain untuk keperluan pendidikan, hiburan, dsb. Sedangkan matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan ditingkat dasar, berbagai macam cara manual dapat digunakan untuk belajar, akan tetapi lama kelamaan menjadi membosankan bagi anak- anak karena desain yang kurang menarik dan interaktif oleh karena itu pada proyek akhir ini, akan dibuat suatu aplikasi: ” Game Matematika untuk Pembelajaran Murid SD ” yang mempunyai tampilan menarik dan interaktif sesuai dengan dunia anak – anak sehingga dapat menambah minat belajar dan memudahkan murid sekolah SD untuk belajar matematika dengan melakukan suatu permainan menggunakan macromedia flash.



Aplikasi ini dimainkan oleh satu pemain, terdiri dari 3 tingkat kesulitan level “Easy”, “Medium”, “Hard”.

Latar Belakang

Teknologi komputer saat ini sudah berkembang sangat cepat, baik dari sisi hardware ataupun dari software. Dari sisi software, berbagai aplikasi kini dapat diciptakan dengan mudahnya, karena perkembangan berbagai jenis software yang ada. Oleh karena itu teknologi komputer sekarang sudah dapat mengatasi berbagai masalah yang ada, pada salam bidang pendidikan dan peningkatan SDM. Banyak aplikasi-aplikasi yang ada, terutama aplikasi-apliksi game pada dunia computer, seperti aplikasi web pendidikan, tutorial-tutorial intraktif, maupun game yang interaktif. Semakin berkembangnya dan beranekaragam jenis game mulai dari game strategi, adventure, arcade, puzzle, sport, dll yang dikemas dalam PS game maupun PC game, akan sangat menarik bagi setiap orang terlebih anak-anak yang masih dalam usia sekolah. Mereka dapat menghabiskan waktu berjam-jam yang menurut mereka berjalan sangat cepat bil duduk didepan monitor sambil menggenggam joystick atau mouse sambil mengikuti alur sebuah game.

Game adalah salah satu produk teknologi yang dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dan mengingat materi belajar. Penggabungan Game 2D dengan teknik peningkatan fungsi otak diatas akan sangat membantu siswa belajar dan mempertahankan hasil belajarnya. Masuknya game dalam proses belajar, melahirkan suasana yang menyenangkan karena anak tersebut dapat mengendalikan kecepatan belajar sesuai dengan kemampuannya. Lalu gambar dan suara yang muncul membuat anak tidak merasa bosan, sebaliknya akan merangsang untuk mengetahui lebih jauh lagi.

Tujuan
Tujuan dari pembuatan Proyek ini adalah :
• Membantu murid SD mengenal operasi matematika
• Memberikan kemudahan kepada murid SD untuk belajar matematika.
• Dengan adanya game ini, diharapkan anak mendapat hiburan serta manfaat dari permainan ini.

Pangsa Pasar (End User Aplikasi)
• Hanya untuk murid SD kelas 1 sampai 3
• Menggunakan materi kelas 1, 2, 3 pada bab 1 ( tentang bilangan )

Isi Cerita
Game Matematika ini dirancang hanya untuk murid kelas 1,2 dan 3, sehingga dibuat semudah mungkin untuk user memainkan,dengan mengisi jawaban dengan klik mouse, dari kuesioner yang disebar rata – rata siswa dapat menyelesaikan semua soal dengan menghabiskan waktu antara 60 detik keatas untuk soal perkalian, berbeda lagi waktu yang dihabiskan untuk menjawab semua soal pada pemfaktoran user lebih banyak antara 130 detik keatas, dan untuk yang pembagian user menghabiskan waktu 80 detik ke atas.


Story Board

• Ketika start aplikasi kita akan dihadapkan dengan tampilan awal menu (mulai permainan, petunjuk, dan keluar permainan).
• Ketika player memilih tombol keluar permainan, maka secara otomatis permainan tertutup.
• Jika player memilih petunjuk maka player akan dihadapkan pada aturan – aturan permainan.
• Jika yang dipilih player adalah mulai permainan maka player dihadapkan pada menu utama (arena permainan).
• Setelah player memilih jenis permainan dan level, maka player bisa memulai permainan,
• Jika yang dipilih adalah perkalian atau pembagian, dan level 1-3 maka player wajib menjawab 36 soal, dengan cara menginputkan jawaban,dan permainan baru akan berhenti, jika jawaban benar maka akan mendapatkan skor 100, tetapi jika jawaban salah atau memasukkan huruf maka skor akan dikurangi 50.
• Tetapi Setelah player belum berhasil menjawab semua pertanyaan dan dipilih button ulang, maka pemainan kembali dari awal begitupun skornya akan kembali ke nol.
• Tetapi seandainya player belum berhasil menjawab seluruh pertanyaan dan memilih button stop maka permainan akan berakhir dan akan muncul statistik permainan.
• Semakin tinggi level permainan yang dipilih maka semakin banyak pula prtanyaan yang harus dijawab.
• Jika pertanyaan semua telah terjawab maka akan muncul statistik permainan dan permainan pun berakhir.

Rancangan Desain
Pengumpulan Data
Pengumpulan Data dilaksanakan untuk memperoleh waktu yang dperlukan untuk menjawab semua pertanyaan, dengan cara memberi kuesioner yang berisi soal matematika (Bab 1. Bilangan) pada murid SD kelas 1, 2 dan 3.

Perancangan Sistem

.Gambar 3.1 Alur Proses Game 
Perancangan Tampilan


Gambar 3.2 Visualisasi Permainan

Manual Book

Pada saat masuk dalam game, tampilan awal adalah tampilan menu, tampilan menu ini terdiri dari 3 button yaitu mulai play, About, How to Play,

• Play, Untuk memulai permainan.
• About, Untuk melihat profil pembuat.
• How to Play, Petunjuk permainan.

Tampilan About:

Tampilan How to Play:



Tampilan Play:



Mengisi Nama:


Mulai Menjawab Soal Matematika:


Pemeliharaan Sistem
Setelah sistem digunakan, maka sistem akan dievaluasi oleh pemakai dan spesialis multimedia untuk menentukan apakah sistem yang baru tersebut sesuai dengan tujuan semula dan apakah ada revisi atau modifikasi. Adapun pemeliharaan sistemnya, yaitu :
a. Komputer
- Pada saat pemakaian hardware, pastikan semua peralatan yang diperlukan telah tersedia.
- Gunakan stabilizer yang sesuai dengan daya komputer yang dipakai
- Gunakan kipas komputer untuk menjaga agar suhu kumputer tetap stabil.

b. Software
- Memback up semua file sourcenya, dengan cara menyimpan di media lain seperti CD,DVD atau hardisk. Tidak menghapus file-file yang berhubungan dengan aplikasi multimedia interaktif.
- Melakukan update data, bila user menginginkan perbaikan dalam aplikasi interaktif multimedia. Proses perbaikan atau update data disini, hanya bisa dilakukan oleh pakar multimedia itu sendiri atau programmer. Adapun langkah-langkah dalam meng-update data adalah sebagai berikut :
1. Buka program Flash CS3 yang telah diinstal di computer.
2. Buka file yang berbentuk fla, dengan cara klik File > Open
3. Setelah file terbuka di layar kerja atau stage, maka tingaal memilih bagian mana yang akan di update.
4. Setelah selesai update, simpan hasil perbaikan dengan klik File > Save
5. Setelah file disimpan, langkah terakhir adalah membuat file tersebut menjadi file dengan ekstensi EXE (.exe), dengan cara klik File > Publish. File yang telah di publish atau dijadikan .exe tidak dapat di edit kembali karena tipe filenya telah menjadi aplikasi, jadi dapat dijalankan tanpa membuka program Flash CS3.

Pencapaian Akhir dari Sistem
• Saat membuat bergerak, sebaiknya objek tersebut di convert terlebih dahulu ke movie clip, agar dapat menambahkan animasi- animasi lainnya.
• Pengelompokkan layer animasi per objek/ jenis dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah pembuatan animasinya.
• Penempatan syntax harus ditempatkan secara benar, baik ketika berada dalam frame maupun objek itu sendiri.
• Proyek ini dapat dikembangkan lagi, mengenai animasi yang lebih interaktif.

Kesimpulan

Macromedia Flash 8.0 merupakan perangkat lunak yang cukup kompleks, dari pembuatan background sampai rekayasa image agar menjadi sebuah animasi serta penambahan ActionScript, dimana semuanya dapat dikejakan pada tempat yang sama.
Keunggulan animasi Motion Tween adalah file yang dibutuhkan tidak terlalu besar, karena hanya memasukkan keyframe di awal dan akhir saja.
Games ini dibust untuk mempermudah anak mempelajari pelajaran matematika (bab bilangan)
Jumlah animasi yang terlalu banyak akan mempengaruhi waktu loading, hal ini tergantung dari Processor masing-masing PC

0 comments:

Klampok Child | XKom | Win7Aero