Jumat, 05 Agustus 2011

Pengenalan Bahasa VB

Visual Basic atau disingkat “VB” adalah merupakan salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman komputer. VB di prakarsai oleh Microsoft, yaitu salah satu vendor OS yang sampai saat ini masih menduduk peringkat 1 di antara OS lainya. Ada dua kategori bahasa VB yang akan di kelompokan.

VB yang pertama merubakan bahasa Visual Basic versi 6 ke bawah, Bahasa VB ini merupakan program yang hanya akan berjalan di bawah naungan OS Windows, dan
VB 6 merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak dikuasai oleh programer dalam negri. Ini merupakan versi lama dari VB.

VB yang kedua adalah VB .net. mengapa dot net? Karena bahasa vb ini memerlukan NetFrame work sebagai runtimenya. Dengan kata lain, program-program yang ditulis dengan VB net hanya akan berjalan jika di dalam OS tersebut telah tersedia NetFramework. Dan bahasa VB net ini telah banyak berbeda dari versi VB sebelumnya. Yang paling jelas adalah, VB net telah meng-implementasikan pemrogram dengan basis class, dan OOP. Dalam pembelajaran ini kita akan menggunakan bahasa VB net, karena ini merupakan versi terakhir dari model bahasa VB.

Selain VB net, ada juga bahasa lain yang termasuk kategori dot net, Yaitu Csharp. Csharp merupakan bahasa pemrograman yang menggunakan sintak dengan model bahasa C++. Dan juga menggunakan class-class sebagai objeknya.

Perlu kamu ketahui, dalam ruang lingkup pemrograman, ada tiga model sintak yang banyak digunakan, yaitu sintak pemrograman model VB(VB, VB net, VB script), sintak pemrograman model Delphi, dan juga yang paling banyak dikembangkan adalah sintak pemrograman model C (C,C++,Java, Java Script, PHP, dan Csharp).
Sudah tentu kah ada akan belajar VB net? OK, ikuti tutorial berikutnya, 

1 comments:

bali tours mengatakan...

mantabs infonya gan...
bagi2 terus ilmunya yach...
thx...

Klampok Child | XKom | Win7Aero