Rabu, 25 Mei 2011

Jaringan Komputer (JarKom)

MEDIA TRANSMISI
Kabel (Wired): Twisted pair, Coaxial, Fiber Optik
Tanpa Kabel(Wireless): Microwave, Satelit Microwave, Radio, Infrared
STP(Shielded twisted pair ): Maks Panjang 100m, speed 10 – 100 Mbps
UTP(Unshielded twisted pair): Maks Panjang 100m, speed 10 – 100 Mbps
Straight: OP,O,HP,B,BP,H,CP,C
Cross: HP,H,OP,B,BP,O,CP,C
badan yang mengatur pemberian IP Address & mengkoordinasikan DNS & pendelegasian nama domain Internet di seluruh dunia adalah Internet Assigned Number Authority / IANA

Aturan pemberian IP Address
- Nomor pertama dari Network ID tidak boleh angka 127
- Host ID tidak boleh semuanya terdiri atas angka 255
- Host ID tidak boleh semuanya terdiri atas angka 0
- Host ID harus unik dalam suatu Lokal Network ID
Topologi Jaringan (Fisik)
- Liner Bus: termasuk umum. Satu kabel utama menghubungkan setiap simpul, ke saluran tungga komputer yang mengak-sesnya ujung dengan ujung. Masing-masing simpul di-hubungkan kedua simpul lainnya, kecuali mesin disalah satu ujung kabel, yang masing-masing hanya terhubung ke satu simpul lain. Keuntungan: Memfungsikan jaringan, tidak setiap komputer perlu dihidupkan Kerugian: Karena seluruh lalu lintas informasi hanya digunakan dalam satu kabel, maka kinerjanya kadang kala menjadi lambat.
- Ring: serupa dengan linier bus, kecuali simpul terhubung dalam satu lingkaran dengan meng-gunakan segmen kabel. Setiap simpul secara fisik terhubung hanya ke dua simpul lain. Masing-masing simpul mengirim informasi ke simpul ber-ikutnya, hingga tiba di-simpul yang dituju. Keuntungan: Kinerja pada sistem ini lebih baik (cepat) sebab tiap bagian dari sistem pengkabelan hanya menangani aliran data antara dua mesin saja. Kekurangan: Sulit untuk melakukan penambahan. Apabila salah satu simpul rusak dapat meng-akibatkan seluruh sistem terhenti.
- Star: Setiap simpul terhubung ke file server tunggal terpusat, dengan menggunakan segmen kabel tersendiri. Keuntungan: Minimalnya lintas data sepanjang kabel (hanya simpul ke server), sehingga dapat dicapai kinerja yang optimal. Kerugian: Memerlukan satu mesin tambahan (file server) untuk mengkoordinir seluruh komunikasi data, kabel tambahan dan biaya (mahal)
Topologi Jaringan (Logika)
- Linier: Skema komunikasi ini berfungsi seperti topo-logi linier bus dan sudah umum dalam sistem berbasis Ethernet. Setiap simpul memiliki alamat yang unik, dan alamat diakses secara sequensial (urut). Informasi dikirim me-nyusuri daftar ke atas dan ke bawah hingga dijumpai alamat tujuan yang tepat.
- Token Ring: Skema ini dapat dijumpai pada topologi linier bus dan ring. Tiap simpul memiliki alamat yang unik, dan alamat diakses dalam corak melingkar. Disini tidak diperlukan korespondensi antara alamat logika dan lokasi fisik komputer relatif satu dengan lainnya.
Peer-to-Peer: Sistem operasi jaringan model peer to peer memungkinkan seorang user membagi sumber dayanya yang ada di komputernya baik itu file data, printer dan lain-lain dan mengakses sumber daya yang terdapat pada komputer lain.
Client/Server: Sistem operasi jaringan Client Server memungkinkan jaringan untuk untuk mensentralisai fungsi dan aplikasi kepada satu atau dua dedicated file server.
sistem operasi jaringan                : Linux, Microsoft Windows for Workgroups, Microsoft Windows NT Server, Novell Netware
Protokol adalah aturan-aturan main yang mengatur komunikasi diantara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan
Protokol-Protokol yang dikenal: Ethernet, Local Talk, Token Ring, FDDI, ATM
Hub/Konsentrator: Sebuah Konsentrator/Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Ciri-ciri: Biasanya terdiri dari 8, 12, atau 24 port RJ-45, Digunakan pada topologi Bintang/Star, Biasanya di jual dengan aplikasi khusus yaitu aplikasi yang mengatur manajemen port tsb. Biasanya disebut hub. Biasanya di pasang pada rak khusus, yang didalamnya ada Bridges, router
Token Ring Cards: Kartu jaringan Token Ring terlihat hampir sama dengan Kartu jaringan Ethernet. Satu perbedaannya adalah tipe konektor di belakang kartu jaringannya, Token Ring umumnya mempunyai tipe konektor 9 Pin DIN yang menyambung Kartu jaringan ke Kabel Network.
Bridges / Jembatan: Adalah sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan, ini digunakan untuk mendapatkan jaringan yang efisien, dimana kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya di perlukan jembatan untuk itu. Kebanyakan Bridges dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap segmen komputer pada jaringan sebelahnya dan juga pada jaringan yang lain di  sebelahnya pula.
Routers: Sebuah Router mengartikan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain, dia hampir sama dengan Bridge namun agak pintar sedikit, router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasarkan atas alamat tujuan dan alamat asal. Sementara bridges dapat mengetahui alamat masing-masing komputer di masing-masing sisi jaringan, router mengetahui alamat komputer, bridges dan router lainnya.

1 comments:

blog.serverpulsa.com mengatakan...

Kursusnya dimana om..? kalo ada saya mau

Klampok Child | XKom | Win7Aero